Cara Mudah Membangun Bisnis Online Shop

Cara Mudah Membangun Bisnis Online Shop –¬†Bisnis online shop saat ini sudah menjadi salah satu bidang bisnis yang berkembang sangat pesat, banyak orang berlomba-lomba untuk mempelajari bagaimana cara sukses bisnis online shop.

Perlu kamu ketahui bahwa sebelum memulai bisnis online shop ada baiknya kamu mamahami dulu langkah-langkahnya secara tepat, jadi saat bisnis kamu mulai berjalan kamu sudah memiliki pondasi yang kuat. Strategi awal bisa menjadi penentu seberapa cepat bisnis online shop kamu bisa laku.

Simak artikel ini untuk memahami cara mudah membangun bisnis online shop, beberapa langkahnya antara lain:

Tentukan Produkmu

Secara prinsip paling mudah adalah memilih produk yang supliernya mudah kamu jangkau, dengan membangun jaringan ke suplier-suplier murah bisnis kamuakan memiliki nilai untuk bersaing dengan kompetitor. Tetapi pikirkan juga marketnya, kira-kira apakah produkmu bisa diserap oleh pasar atau apakah produkmu dicari oleh orang-orang.

Menentukan produk harus atas dasar hulu dan hilir, carilah produk yang laku dipasaran serta kamu memiliki suplier yang mau memberi harga murah. Setelah itu baru kamu pikirkan faktor lain seperti kualitas barang, variasi, garansi, dan yang lainnya.

Tentukan Target Market

Setelah kamu memilih produk sekarang tentukan target market produkmu, Buatlah skema mengerucut berdasarkan demografis, gender, interest, usia, dan faktor lainya. Semakin spesifik target marketmu semakin mudah kamu menjangkau mereka.

Saat ini banyak platform online yang menyediakan fitur iklan berbasis demografis, jadi semakin kamu mengerti target market bisnis kamu semakin besar kemungkinan orang tersebut bertransaksi dengan bisnis kamu.

Pilih Platform Bisnis Online Shop

Bisnis online shop merupakan bisnis berbasis online, hal ini hampir serupa dengan bisnis offline. kamu harus memilih platform bisnis online shop seperti halnya kamu memilih tempat berjualan.

Ini adalah beberapa platform yang bisa kam gunakan sebagai media bisnis online shop kamu:

  • website
  • Instagram
  • Facebook
  • E-Commerce (shoppe, tokopedia, bukalapak, blibli, dsb)

Carilah platform dimana target market kamu berkumpul, sebagai contoh instagram merupakan platform tempat anak muda berkumpul sedangkan facebook merupakan platform tempat orang yang lebih tua berkumpul.

Desain Grafis dan Foto Produk

Sebelum memulai bisnis siapkan lah dahulu desain grafis bisnis kamu, misalnya desain logo, kemasan produk, desain feed instagram dan desain lainnya. Jika kamu butuh bantuan jasa desain grafis maka silahkan kamu hubungi JPRINT yang siap membantu membuatkan desain apapun sesuai kebutuhan bisnis.

Setelah desain siapkan lah foto produk kamu, lihatlah foto produk kompetitor sebagai inspirasi, lalu buat yang lebih baik. Pastikan tema desain dan fotografi kamu disesuaikan dengan target market agar mendapat perhatian meraka.

Strategi Promosi

Setelah semua langkah tadi terpenuhi kamu bisa mulai menjalankan bisnis, sebagai strategi awal jangan ragu untuk menggunakan fitu promosi dari setiap platform yang kamu gunakan. Akan tetapi pelajari lah dahulu ketentuan dan strategi promosi dari setiap platform.

Karena setiap platform memiliki strategi yang berbeda dalam mengiklankan bisnis. Lakukan cara trial and error untuk strategi iklan karena setiap bisnis memiliki formula yang berbeda-beda.

Sekian artikel tentang cara mudah membangun bisnis online shop dari kami, semoga artikel ini dapat bermanfaat. sekali lagi jika anda membutuhkan bantuan desain grafis silahkan berkunjung ke halaman JPRINT.