Pengertian Proposal, Komponen Proposal beserta penjelasannya

komponen proposal

Halo Sobat, kali ini kita akan membahas Pengertian Proposal, Komponen Proposal, beserta penjelasannya secara singkat dan mudah dipahami.

Proposal merupakan bentuk laporan yang berisi usul untuk mengadakan suatu program kegiatan. Membuat proposal harus memenuhi persyaratan tertentu sehingga program kerja yang ada di dalamnya mampu menarik perhatian penerima proposal.

Pengertian Proposal menurut KBBI :

proposal/pro·po·sal/ n rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja: — contoh : proyek itu belum disetujui oleh pemimpin proyek

Berikut ini contoh komponen proposal kegiatan beserta penjelasannya.

Proposal Kegiatan dibuat oleh seseorang atau pihak tertentu yang disampaikan kepada pihak lain yang meminta atau tertarik dengan kegiatan atau program yang diusulkan tersebut. Agar dapat membuat proposal dengan baik, kita perlu mencermati berbagai komponen yang ada di dalam proposal. Komponen-komponen yang dimaksud adalah :

a. Judul Proposal

Judul merupakan kepala tulisan. judul dalam proposal berupa nama program yang diusulkan. Judul harus dibuat menarik perhatian para pembaca proposal tersebut, Selain itu judul harus sesuai dengan program/kegiatan yang diusulkan.

b. Latar Belakang

Latar belakang berisi berbagai alasan program kegiatan yang diusulkan. Latar belakang harus benar-benar menyakinkan agar dapat menarik pembaca untuk mempercayai bahwa program yang diusulkan memang penting dan layak untuk dilaksanakan.

c. Tema Kegiatan

Tema kegiatan merupakan pernyataan yang diharapkan dapat memberikan semangat dan manfaat yang bisa diperoleh dengan melaksanakan program kegiatan yang diusulkan.

d. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan merupakan hal-hal yang berkenaan dengan berbagai tujuan yang hendak dicapai melalui program kegiatan yang diusulkan. Tujuan tersebut dibuat dengan meyakinkan agar pembaca setuju dengan program kegiatan yang diusulkan. Akan tetapi, tujuan kegiatan tidak boleh dilebih-lebihkan.

e. Manfaat Kegiatan

Manfaat Kegiatan merupakan hal-hal yang berkaitan dengan kegunaan kegiatan tersebut. Jadi, pentingnya kegiatan tersebut dapat dicantumkan dalam komponen maaf kegiatan ini.

f. Program kegiatan

Program kegiatan berisi berbagai jenis kegiatan yang akan dilaksanakan berkaitan dengan kegiatan yang diusulkan.

g. Jadwal Pelaksanaan

Jadwal Pelaksanaan merupakan waktu pelaksanaan berbagai jenis kegiatan yang ditetapkan dalam program kegiatan yang diusulkan.

h. Biaya Pelaksanaan

Pembiayaan berisi rincian biaya yang diperlukan. Didalam pembiayaan ini perlu dicantumkan sumber dana yang diperoleh dan penggunaan dana untuk berbagai jenis kegiatan yang diusulkan.

i. Pelaksana

Pelaksana adalah panitia yang melaksanakan program kegiatan yang diusulkan.

j. Penutup

Penutup boleh ada, tetapi boleh juga tidak ada. Umumnya, penutup berisi pernyataan terima kasih dan harapan agar proposal tersebut dapat diterima dan dilaksanakan.

k. Penanda Tangan

Bagian terakhir dari proposal adalah penanda tangan proposal. Penanda tangan merupakan pihak-pihak yang harus bertanggung jawab terhadap program yang diusulkan.

Demikian artikel singkat dari Sobat Iklanbisnis.net semoga bermanfaat ya..