Jack Ma – Kisah Inspiratif Pendiri Alibaba

jack ma

Kita semua makhluk sosial selalu mencari fantasi dalam kehidupan nyata untuk memicu proses berpikir kita dan mencari inspirasi dari mereka. Setiap hari kami menjumpai banyak orang asing, tetapi kami mencari inspirasi dari hanya sedikit dari mereka, dan yang membedakan mereka adalah kisah-kisah yang harus mereka ceritakan. Bahkan sebagai seorang anak, kita tumbuh dengan mendengarkan kisah-kisah tentang bagaimana seorang pahlawan datang menyelamatkan orang-orangnya dan keluarganya, kita menemukan penghiburan dalam kisah-kisah semacam itu. Penelitian juga menemukan bahwa kisah-kisah inspirasional seperti itu memiliki efek positif pada otak kita dan membantu kita menjadi lebih empatik, murah hati, dan meningkatkan pandangan hidup kita secara keseluruhan.

Jadi, hari ini kita akan berbicara tentang sebuah cerita. Kisah kehidupan seorang pria yang telah berdampak pada seluruh ekonomi dan industri internet Cina hampir sendirian. Hidupnya tak lain adalah kisah Robert, The Bruce and the Spider, yang kami ajarkan sebagai taman kanak-kanak. Itulah kisah Jack Ma.

Siapakah Jack Ma?

Jack Ma adalah pendiri raksasa e-commerce, Alibaba dan merupakan pemangku kepentingan di Alipay, itu adalah perusahaan sejenis yang merupakan portal pembayaran elektronik. Dia sekarang secara resmi orang terkaya di Cina dengan kekayaan bersih diperkirakan $ 25 Miliar, di belakang rekor dunia baru-baru ini pengajuan IPO $ 150 Miliar dari perusahaannya. Mengingat semua ini, Jack Ma hanya memiliki 7,8% saham di Alibaba dan 50% saham di Alipay. Alibaba dan Jack Ma, meskipun bukan nama-nama rumah tangga dari Cina, Anda harus tahu bahwa Alibaba bernilai lebih dari Facebook, dan memproses barang lebih dari gabungan eBay dan Amazon!

Ini mungkin mulai tampak seperti kisah seorang miliarder yang sombong dan kaya yang belum melihat kegelapan. Tapi jangan salah dengan angka yang Anda lihat di atas, mereka bisa menipu siapa pun. Meskipun sesederhana kedengarannya, Jack Ma telah mengalami kesulitan dalam hidupnya untuk sampai ke tempatnya sekarang. Kisah nyata menjadi kaya dan pasti kisah yang akan menginspirasi Anda bahkan di hari-hari tergelap Anda.

Jack Ma – The Backstory

Jack-Ma-Childhood

Ma Yun a.k.a. Jack Ma adalah salah satu miliarder mandiri dengan awal yang sederhana. Jack Ma dilahirkan di Hangzhou, yang terletak di bagian tenggara Cina. Ia dilahirkan dan dibesarkan bersama dengan seorang kakak laki-laki dan seorang adik perempuan selama kebangkitan Cina komunis dan pengucilannya dari wilayah Barat. Orang tuanya adalah Musisi-Pendongeng tradisional dan mereka tidak cukup membuat bahkan dianggap sebagai kelas menengah pada masa itu.

Kunjungan mantan Presiden AS Richard Nixon ke Hangzhou pada tahun 1972 meningkatkan situasi pariwisata di kota kelahirannya dan Jack ingin memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Jack selalu ingin belajar bahasa Inggris ketika masih kecil dan dia menghabiskan pagi-pagi di pagi hari dengan mengendarai sepeda ke taman terdekat, memberikan tur bahasa Inggris kepada orang asing gratis. Saat itulah dia bertemu dengan seorang gadis asing yang memberinya julukan ‘Jack’ untuk namanya yang sulit dieja untuknya.

Jack, setelah lulus dengan gelar Sarjana Bahasa Inggris, bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Universitas Hangzhou Dianzi dengan gaji $ 12 sebulan! Sekarang inilah bagian yang menjadi lebih menarik, bahkan sebelum ia menerima gelar itu dan menjadi guru bahasa Inggris.

baca juga : 10 Kisah Inspiratif dalam Bisnis

Ditolak, Tapi Bukan Kegagalan.

Jack Ma sebagai pria yang sangat beruntung yang baru saja menjadi miliarder dalam sekejap. Tetapi aman untuk mengetahui bahwa Penolakan identik dengan Jack Ma. Anda tidak akan percaya berapa kali pria ini ditolak dan gagal.

Di masa kecilnya, Jack Ma Gagal dalam ujian Sekolah Dasarnya, bukan hanya sekali, tapi Dua kali! Dia Gagal Tiga kali selama ujian SMP-nya. Ketika melamar ke universitas setelah SMA-nya, Jack gagal ujian masuk tiga kali, sebelum akhirnya bergabung dengan Hangzhou Normal University. Dia bahkan melamar dan menulis ke Universitas Harvard sepuluh kali tentang diterima – dan ditolak setiap waktu. Ini hanya selama masa pendidikannya!

Selama dan setelah gelar Sarjana, Jack mencoba dan gagal mendapatkan pekerjaan di banyak tempat. Setelah menghabiskan tiga tahun untuk masuk ke Universitas, Jack gagal mendapatkan pekerjaan setelah melamar mereka sebanyak 30 kali! Dia teringat dalam wawancaranya, “Ketika KFC datang ke China, 24 orang pergi untuk pekerjaan itu. Dua puluh tiga orang diterima. Saya adalah satu-satunya orang yang tidak melakukannya. “Dia juga salah satu dari 5 pelamar pekerjaan di kepolisian dan satu-satunya yang ditolak setelah diberitahu,” Tidak, Anda tidak baik. ”

Juga, dalam usahanya yang berwirausaha, Jack Ma kemudian gagal dalam dua usaha awalnya. Tapi itu tidak menghentikannya dengan cara apa pun untuk bermimpi lebih besar.

Turun, tapi tidak Keluar!

Kebangkitan Jack Ma

Dalam salah satu wawancara, ketika ditanya tentang penolakannya, ini adalah apa yang dia katakan, “Yah, saya pikir kita harus terbiasa. Kami tidak sebagus itu. “Mengatasi rasa sakit penolakan dan memperlakukan penolakan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh adalah apa yang dibuat oleh Jack Ma.

Setelah akhirnya menerima semua penolakan dan kegagalannya, Jack Ma mengunjungi AS pada tahun 1995, untuk sebuah proyek pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan jalan raya. Saat itulah Jack Ma pertama kali diperkenalkan ke Internet dan Komputer. Komputer sangat jarang di Cina saat itu, mengingat biaya tinggi yang terkait dengannya dan Internet atau Email tidak ada. Kata pertama yang dia cari di browser Mosaic adalah ‘Beer’, dan muncul hasil dari berbagai negara, tetapi tanda-tanda China di mana saja. Dia kemudian mencari ‘China’ dan tidak ada satu pun hasil muncul! Dia memutuskan sudah waktunya bagi China dan orang-orangnya untuk mengakses Internet.

Akhirnya, setelah membujuk 17 teman lainnya untuk berinvestasi dan bergabung dengannya dalam startup e-commerce barunya – Alibaba, perusahaan mulai dari apartemennya. Awalnya, Alibaba tidak memiliki satu sen dalam investasi dari investor luar, tetapi mereka kemudian mengumpulkan $ 20 Juta dari SoftBank dan $ 5 Juta dari Goldman Sachs pada tahun 1999. Membangun kepercayaan di antara orang-orang China bahwa sistem pembayaran online dan transfer paket aman adalah tantangan terbesar yang dihadapi Jack Ma dan Alibaba, tantangan yang Jack hargai seumur hidupnya.

Setelah memulai perusahaan sukses pertamanya pada usia 31 dan bahkan setelah tidak pernah menulis satu baris kode pun atau menjual sesuatu kepada siapa pun, Jack Ma menjalankan salah satu jaringan E-commerce terbesar di dunia. Perusahaan terus tumbuh dengan cepat, berkembang di seluruh dunia, dengan cepat tumbuh dari cangkang China-nya. Hanya yang kedua dari Walmart sekarang dalam hal penjualan per tahun, Alibaba telah menjadi raksasa E-commerce yang telah dibayangkan Jack Ma untuk itu.



sumber : https://www.shoutmeloud.com/jack-ma-alibaba-founder.html